Minggu, 13 Maret 2011

Lensa Karimunjawa

Keadaan daerah Kepulauan Karimunjawa merupakan suatu dataran rendah pantai yang ditumbuhi oleh hutan mangrove. Umumnya pantai berpasir putih dan sangat landai menjorok ke tengah laut. Fringing reefs mengelilingi pulau-pulau tersebut dan menyebabkan pantai terlindung dari
hempasan gelombang. Dengan demikian pantai-pantai di Kepulauan Karimunjawa tidak memiliki bentuk pantai yang curam. Dasar perairan mengandung pasir dan lumpur. Di tengah perairan banyak terdapat terumbu karang yang muncul ke permukaan, dua diantaranya yang besar ialah Karang Kapal dan Karang Katang. Gugusan kepulauan ini dikelilingi oleh perairan Laut Jawa yang tidak seberapa dalam (55 m).Topografi kawasan Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari dataran rendah yang bergelombang, dengan ketinggian antara 0 – 506 m dpl.  Terdapat 2 buah bukit, yaitu Bukit Gajah dan Bukit Bendera yang merupakan puncak tertinggi dengan ketingian + 506 m dpl. Khusus dataran  Pulau Karimunjawa mempunyai medan yang bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian antara 65–506m dpl.  Keadaan hutannya masih terpelihara dengan baik.  Luasnya diperkirakan sekitar 2.888 hektar.

Dari 27 pulau yang berada dalam kawasan Karimunjawa, hanya 5 pulau yang dihuni penduduk yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Genting, dan Pulau Nyamuk.  Karimunjawa dihuni penduduk sekitar 10.000 jiwa, yang  umumnya penduduk bekerja sebagai nelayan. Sedangkan mata pencaharian penduduk kepulauan Karimunjawa lainnya adalah petani, buruh, pedagang, dan PNS serta pensiunan. 

Tingkat pendidikan rata-rata di desa-desa di kepulauan Karimunjawa adalah tidak/belum tamat SD dan tamatan SD. Tingkat pendidikan yang tergolong rendah ini dikarenakan anak usia sekolah banyak bekerja membantu orang tua dan kesadaran rendah serta keterbatasan biaya. Di kecamatan Karimunjawa tercatat terdapat 2 Paud, 2 TK, 14 SD, 2 SLTP di Pulau Karimunjawa dan 1 SMK Rumput Laut di Pulau Karimunjawa.

Mayoritas penduduk kepulauan Karimunjawa beragama Islam namun ada pula yang memeluk agama Kristen. Di Desa Karimunjawa terdapat 8 masjid, 21 mushola dan 2 gereja.
Penduduk Karimunjawa tersusun atas beberapa etnis asal yaitu Jawa, Madura, Bugis, Mandar, Bajau, Munak dan Luwu. Mayoritas penduduk Karimunjawa berasal dari Jawa sehingga budaya Jawa mendominasi kebudayaan lokal, namun walau demikian kebudayaan lain nampak nyata pada kehidupan sehari-hari misalnya saja terlihat pada bentuk rumah penduduk Bugis di Pulau Kemujan.

PEMBACA ENTERI INI BERKUNJUNG JUGA KE:

PROBLEMATIKA NELAYAN KOMPRESOR KARIMUNJAWA
KAMI BUKAN BUANGAN
STOP MIRAS DI KARIMUNJAWA
PASAR MURAH JELANG LEBARAN
TIPS ANAK AGAR MAU MAKAN
Homeschooling Alternatif Pengganti Sekolah Formal
Dukung Pelayanan KTP di Kantor Desa
Karena Isu Stock Bensin Menghilang
Dukung TekInfoEdu Era Global
TIPS ANAK AGAR MAU MAKAN
PAUD DAN MATEMATIKA
MENGURANGI EKSES TELEVISI
KAPAN PAUD GRATISCATATAN AWAL RAMADHAN
MARHABAN YA RAMADHAN
PENDIDIKAN DINI ANTI KORUPSI
PUASA DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
TUAH DARI NENEK
HIDUP ADALAH PILIHAN 1
HIDUP ADALAH PILIHAN 2
ARTI SENYUM BUNDA NENI
HARDIKNAS; Catatan Buat Guru
INTROSPEKSI